Wagub Aceh Resmikan Shelter Rohingya Blang Adoe

Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf meresmikan Integrated Community Shelter (ICS) untuk pengungsi etnis rohingya di Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Rabu, (12/8/2015). PhotoImages/Rahmat Mirza

Aceh Utara - Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf meresmikan Integrated Community Shelter (ICS) untuk pengungsi etnis rohingya di Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Rabu, (12/8). 

Dalam sambutannya Wagub memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja sama, saling bahu membahu dalam membantu pengungsi etnis Rohingya.

Mualem juga meminta kepada Presiden ACT dan KNSR untuk bisa menyatukan pengungsi etnis Rohingya yang ada di Aceh Timur dan Kota Langsa ke Shelter Blang Adoe.

Masyarakat bersama Pemerintah Aceh akan membantu Rohingya asal Myanmar jika mereka tidak mendapat negara ketiga. Siapa saja yang datang dan membutuhkan pertolongan termasuk orang-orang Cina, Jepang, Thailand atau warga negara lainnya. Ini kita lihat bentuk sosial kemanusiaan,” Ujar Wagub yang lebih akrab dipanggil Mualem.

Sementara itu Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib, mengatakan pentingnya pembinaan kepada para pengungsi karena kita tidak mau mereka hanya berdiam diri saja tanpa melakukan apapun. Para pengungsi harus mandiri, dengan demikian kita juga harus memberikan pembinaan kepada mereka.

Presiden Komite Nasional untuk Solidaritas Rohingnya, Syuhelmaidi Syukur pihaknya sangat berterima kasih kepada Bupati Aceh Utara yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk membangun dan mengelola sebuah shelter yang lengkap bagi pengungsi etnis Rohingya, dan semua pihak yang telah hadir dalam kegiatan peresmian Integrated Community Shelter (ICS) pengungsi etnis Rohingya.  

Shelter yang diresmikan Wagub memiliki 120 kamar yang dibangun untuk menampung 322 jiwa warga Rohingya. Ratusan warga Rohingya ini terdiri dari laki-laki 215 orang dan perempuan 117 orang.

Berdasarkan data KNSR diketahui jumlah warga Rohingya tersebut jika dilihat dari segi usia terdiri dari 0 hingga 5 tahun sebanyak 19 orang, 5 hingga 11 tahun sebanyak 35 orang, 12 hingga 17 tahun sebanyak 134 orang, dan 18 tahun ke atas sebanyak 144 orang. []
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar


About Us | © Kita Suka | Copyright © 2015. © Rahmat Mirza